Perpustakaan

by Balai Bahasa DIY / 2018-09-25 23:13:26

Perpustakaan adalah layanan informasi mengenai buku-buku kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan Jawa. Sementara, buku-buku hanya diperkenankan dibaca di ruang perpustakaan. Layanan ini dibuka setiap hari kerja, Senin s.d. Jumat, pukul 08.00 – 15.00 WIB

Perpustakaan berperan menyediakan sumber-sumber informasi yang dibutuhkan oleh para peneliti/tenaga teknis yang ada di Balai Bahasa DIY. Disamping itu tugas lainnya adalah mendokumentasikan hal-hal yang terkait dengan tugas dan fungsi Balai Bahasa DIY yaitu penanganan kebahasaan dan kesastraan. Keberadaan perpustakaan Balai bahasa itu seiring dengan adanya lembaga tersebut terbentuk.

Perpustakaan Balai Bahasa DIY adalah unit kerja dari lembaga induknya dan merupakan jenis perpustakaan khusus. Dalam melaksanakan tugasnya, secara teknis dan administratif, perpustakaan bertanggung jawab kepada subbagian tata usaha. Sebagai perpustakaan instansi, tugas utamanya selalu meyesuaikan tugas pokok dan fungsi yang harus dijalankan oleh instansi induknya. Oleh karena itu, tugas pokok perpustakaan Balai Bahasa DIY di antaranya adalah menghimpun koleksi (informasi) yang lengkap, yaitu berkaitan dengan kebahasaan dan kesastraan. Di samping itu perpustakaan juga memberikan pelayanan sebaik-baiknya, khususnya menunjang pelaksanaan kegiatan Balai Bahasa DIY, meski tidak menutup terhadap akses atau layanan kepada masyarakat luas.

Ragam koleksi yang terdapat di perpustakaan Balai Bahasa DIY meliputi:

1. Buku teks
2. Naskah hasil penelitian
3. Skripsi, tesis dan disertasi
4. Kumpulan makalah (prosiding, jurnal)
5. Kamus, ensiklopedia, glosarium
6. Manuskrip
7. Naskah jawa cetak, cerita jawa
8. Majalah
9. Kliping
10. Kaset, CD, DVD



Galeri

DATA KUNJUNGAN

011465
 
Pengunjung hari ini : 5
Total pengunjung : 3114
Hits hari ini : 55
Total Hits : 11465
Pengunjung Online : 1