KUNJUNGAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS ISLAM JEMBER

by admin / 14 Maret 2019 16:26:01 WIB / Dibaca sebanyak 42 kali

Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta menerima kunjungan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Jember pada Kamis, 14 Maret 2019. Pada kesempatan ini, para mahasiswa ingin mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang pengelolaan dan kegiatan yang ada di Balai Bahasa DIY. Sebanyak 43 mahasiswa dengan dua pendamping datang dan disambut langsung oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, Suhana, S.Pd. Selain beliau, hadir pula koordinator masing-masing bidang menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan yang ada di Balai Bahasa DIY, yaitu Dra. Sri Nardiati, M.Pd. (Koordinator Bidang Pengembangan Bahasa), Dr. Ratun Untoro (Koordinator Bidang Pembinaan Sastra), dan Mulyanto, M.Hum. (Koordinator Bidang Pembinaan Bahasa).

 

Sebagai lembaga yang berkecimpung dalam penelitian, Balai Bahasa DIY telah melakukan beberapa penelitian kebahasaan, baik yang sifatnya nasional maupun kedaerahan. Dra. Sri Nardiati, M.Pd. mengatakan, “Balai Bahasa DIY telah melakukan beberapa penelitian bahasa Jawa yang kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku panduan, yaitu Tata Bahasa Jawa Mutakhir dan beberapa kamus bahasa Jawa dari berbagai tingkatan (SLTP dan umum)”.

 

Berkaitan dengan bidang pembinaan, Mulyanto, M.Hum. menjelaskan bahwa Balai Bahasa DIY telah melakukan beberapa kegiatan pembinaan baik itu dalam bentuk kerja sama, penyuluhan-penyuluhan, maupun pembinaan melalui radio. “Media luar ruang, badan publik, dan media massa menjadi sebagian dari sasaran kegiatan pembinaan bahasa. Hal ini perlu dilakukan karena Balai Bahasa DIY memiliki misi untuk membina masyarakat agar mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing sesuai amanat UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara”, kata Mulyanto, M.Hum.

 

Sementara itu, dalam bidang sastra juga telah dilakukan berbagai kegiatan untuk merevitalisasi kembali sastra-sastra di daerah. Hal ini perlu dilakukan untuk mengembangkan kepekaan rasa dan mental masyarakat secara umum. Dr. Ratun Untoro mengatakan, “Balai Bahasa DIY akan mengundang 100 komunitas sastra di DIY  dan mengajak mereka mengamati bersama sastra di daerah masing-masing untuk dilakukan revitalisasi sastra”.

 

Kegiatan kunjungan kali ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak. Balai Bahasa DIY dalam kesempatan ini menyerahkan beberapa terbitan buku BBY.

0 Komentar

Form Komentar



Galeri

DATA KUNJUNGAN

011458
 
Pengunjung hari ini : 5
Total pengunjung : 3114
Hits hari ini : 48
Total Hits : 11458
Pengunjung Online : 2