BALAI BAHASA DIY ADAKAN AGENDA REVITALISASI (KOMUNITAS) SASTRA

by admin / 13 Maret 2019 07:58:51 WIB / Dibaca sebanyak 58 kali

Dalam rangka memetakan kegiatan komunitas sastra di DIY, Balai Bahasa DIY hendak mengadakan kegiatan revitalisasi (komunitas) sastra. Kegiatan itu berupa pembentukan jejaring komunitas sastra di DIY baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota di DIY. Sampai saat ini, telah didata 100 komunitas sastra baik yang bergerak dalam ranah sastra Indonesia maupun sastra Jawa.

Pada 21 Maret 2019, 100 komunitas tersebut akan diundang untuk membentuk jejaring komunitas sastra (bisa berupa himpunan komunitas sastra DIY) di tingkat provinsi. Pada saat itu, sebelum dibentuk pengurus himpunan komunitas, terlebih dahulu diadakan ceramah dan diskusi mengenai geliat komunitas sastra di DIY. Pembicara yang telah dihubungi ialah Prof. Dr. Suminto A. Sayuti, Indra Tranggono, Indrian Koto, dan dua narasumber dari Balai Bahasa DIY, yaitu Drs. Pardi, M.Hum. dan Drs. Herry Mardiyanto. Mereka akan memberi gambaran mengenai keberadaan dan dinamika komunitas sastra DIY serta bagaimana pergerakan komunitas-komunitas tersebut selama ini.

Setelah himpunan komunitas terbentuk, Balai Bahasa DIY akan memfasilitasi himpunan tersebut untuk melaksanakan agenda kegiatan antara lain melaksanakan workshop dan pembentukan jejaring komunitas sastra di tingkat kabupaten/kota (5 kabupaten/kota) sekitar bulan Juni—Juli 2019. Dalam workshop di setiap kabupaten/kota ini, narasumber akan memberi motivasi dan gambaran mengenai perlunya jejaring komunitas untuk bersinergi melakukan kegiatan revitalisasi sastra di wilayahnya (kabupaten/kota). Selain itu, ada juga materi mengenai cara membuat proposal kegiatan. Dengan demikian, setelah himpunan komunitas di setiap kabupaten/kota terbentuk, mereka segera bisa membuat proposal untuk diajukan ke berbagai pihak terutama kepada Balai Bahasa DIY. Pengajuan proposal kegiatan revitalisasi sastra ditunggu hingga akhir Juli 20019.

Balai Bahasa DIY bekerja sama dengan himpunan komunitas sastra tingkat provinsi akan menyeleksi proposal yang diajukan oleh himpunan komunitas sastra di tingkat kabupaten/kota yang hendak melakukan revitalisasi sastra. Setelah menentukan proposal yang lolos, kegiatan selanjutnya ialah mengadakan kegiatan revitalisasi sastra di daerah seperti yang tercantum dalam proposal. Kegiatan revitalisasi sastra ini bisa berupa visualisasi atau pendokumentasian kegiatan kesastraan. Hal ini akan dilaksanakan pada Agustus—Oktober 2019.

Dengan demikian, kegiatan revitalisasi ini tidak sekadar berupa revitalisasi sastra, tetapi juga akan menggerakkan komunitas sastra di DIY. Balai Bahasa DIY mengharapkan dukungan dari berbagai pihak terutama para pegiat sastra dan instansi yang terkait untuk mendukung kegiatan ini. Balai Bahasa DIY juga akan mengundang Dinas Kebudayaan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota agar turut memberi sumbangsih dan pemikiran mengenai kegiatan ini. Selain itu, himpunan komunitas sastra di tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota bisa dimanfaatkan oleh Dinas Kebudayaan. Koordinator kegiatan ini ialah Ratun Untoro yang bisa dihubungi melalui whats app 08134041915.

 

Lampiran undangan dapat dilihat di sini  

0 Komentar

Form Komentar



Galeri

DATA KUNJUNGAN

011453
 
Pengunjung hari ini : 4
Total pengunjung : 3113
Hits hari ini : 43
Total Hits : 11453
Pengunjung Online : 1