SEKELUMIT SEKAR MANGGIS DALAM PENTAS ULTAH SSJY

by admin / 26 Februari 2019 16:06:49 WIB / Dibaca sebanyak 40 kali

Karawitan Sekar Manggis merupakan sebuah grup karawitan pimpinan Ir. Mursilah Barida yang personilnya, salah satunya peneliti Balai Bahasa DIY, yaitu Dra. Wiwin Erni Siti Nurlina, M.Hum. Grup karawitan ini berlatih setiap Selasa sore yang bertempat di Bulaksumur Blok G-11.

Pada tanggal 24 Februari 2019, bertepatan dengan ulang tahun SSJY (Sanggar Sastra Jawa Yogyakarta) yang ke 28, grup Sekar Manggis ikut memeriahkan dengan menyuguhkan beberapa gending dan lagon. Keikutsertaan grup Sekar Manggis dalam pentas ultah SSJY tersebut memiliki tujuan sebagai berikut. Karena karawitan merupakan produk seni khas Jawa, jelaslah bahwa pementasan karawitan tersebut menjadi salah satu cara untuk “nguri-uri” budaya Jawa. Dalam karawitan itu, syair yang dilantunkan berbahasa Jawa. Sehubungan dengan itu, dapat dikatakan bahwa dengan konsep SSJY itu sama, yaitu ikut melestarikan budaya Jawa.

Pentas karawitan Sekar Manggis dengan gending-gending Jawanya pada ulang tahun SSJY memberikan nuansa “njawani”. Pentas karawitan tersebut menambah meriah hari ultah SSJY. Di samping itu, pentas karawitan pada acara tersebut bisa memberikan rasa grengseng. Dengan dipentaskannya karawitan, juga dapat memupuk rasa guyub, sinkronisasi, dan kekompakan. Hal itu bisa dipahami bahwa pengrawit (penabuh gamelan) dapat dilakukan oleh siapa saja, yang tidak dibatasi oleh agama atau suku. Dengan begitu, dapat diartikan bahwa di dalam karawitan terdapat pendidikan nilai toleransi. Intinya, pentas karawitan Sekar Manggis  pada hari ulang tahunSSJY telah ikut memeriahkan, mensukseskan, dan memberikan dukungan dalam mengembangkan budaya Jawa, khususnya sastra Jawa.(Wwn)

0 Komentar

Form Komentar



Galeri

DATA KUNJUNGAN

011433
 
Pengunjung hari ini : 4
Total pengunjung : 3113
Hits hari ini : 23
Total Hits : 11433
Pengunjung Online : 1