AMBAL WARSA SANGGAR SASTRA JAWA YOGYAKARTA KE-28

by admin / 25 Februari 2019 03:40:50 WIB / Dibaca sebanyak 84 kali

Ambal Warsa Sanggar Sastra Jawa Yogyakarta ke-28 pada tahun 2019 ini bertema “Sastra Jawa Ngrenggani Budaya Bangsa”.
Semangat mengembangkan bahasa Jawa melalui sastra Jawa terus diupayakan SSJY melalui berbagai ekspresi sastra, seperti karya cerkak, novel, geguritan, tembang, naskah kethoprak, esai, dan berbagai ekspresi lain. Dolanan anak dan karawitan juga menjadi bagian pengembangan bahasa dan sastra Jawa. Dengan demikian, diharapkan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu masyarakat Jawa dapat terus menjadi lingua franca dan tidak hilang dalam pemetaan kebahasaan karena kehilangan penuturnya.
Ambal Warsa Sanggar Sastra Jawa Yogyakarta (SSJY) telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 24 Februari 2019 mulai pukul 09.00 bertempat di ruang Sutan Takdir Alisjahbana, Balai Bahasa DIY. Dihadiri sekitar 150-an tamu yang terdiri atas pengarang Jawa-Indonesia, akademisi, praktisi sastra Jawa, mahasiswa yang berasal dari luar Yogya, seperti Magelang, Semarang, Ambarawa, Purworejo, dan lain-lain.
Ambal Warsa ini sekaligus menjadi ajang reuni, temu kangen para pengarang senior dan junior, tukar pengalaman, dan saling memberi semangat kreatif antar penulis.
Pada kesempatan tersebut, ketua SSJY pertama sekaligus pendiri SSJY, Dra. Sri Widati memberikan apresiasi kepada para pengarang, dari yang masih junior (SD) sampai yang paling senior (sepuh).
Dengan apresiasi tersebut diketahui bahwa pembinaan generasi pengarang sastra Jawa melalui SSJY terus dilakukan dan menghasilkan karya nyata.
Acara yang digelar pada Ambal Warsa tersebut meliputi:
  1. potong tumpeng dilakukan oleh Ibu Suci Hadi Suwito dan diberikan kepada pengarang    junior, Kinar dan Sigit Nurcahyanto sebagai generasi penerus SSJY
  2. refleksi perjalanan SSJY dibawakan oleh Pak AY. Suharyono
  3. pembacaan gurit dan cerkak oleh anggota SSJY
  4. karawitan kelompok Sekar Manggis yang mengiringi keseluruhan acara
  5. dramatic reading lakon kethoprak berjudul “Satriya Pinilih” karya Eko Purwanto, S.S. seorang seniman kethoprak di Yogyakarta
  6. pementasan dolanan anak klub Sariswara, Taman Siswa
  7. pementasan kelompok Kembang Adas dengan dramatic reading bahasa Jawa  berjudul "Jurkam Kabupaten".
Acara dimeriahkan dengan doorprize buku terbitan BBY.

0 Komentar

Form Komentar



Galeri

DATA KUNJUNGAN

026334
 
Pengunjung hari ini : 47
Total pengunjung : 8143
Hits hari ini : 147
Total Hits : 26334
Pengunjung Online : 1